Gambar 2.
Jonatan yang mengenakan batik MAN Kota Mojokerto saat penyerahan hadiah lomba desain batik gumuk pasir tingkat pelajar dan mahasiswa nasional, Yogyakarta.

Mojokerto, pada Minggu (27-10-2019) Jonatan Ferdiansah dari MAN Kota Mojokerto berhasil menjadi pemenang Kegiatan Lomba Desain Batik Gumuk Pasir Tingkat Pelajar dan Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (Geomaritime Science Park) bekerja sama dengan Pemerintah DI Yogyakarta, dan Fakultas Geografi UGM.

Gambar 1. Foto kegiatan penyerahan desain batik gumuk pasir kepada Gusti Kanjeng Ratu Pembayun (Mangkubumi).

Sejumlah 170 peserta dari tingkat pelajar dan mahasiswa mengikuti lomba ini. Dari seluruh peserta itu akan diambil satu pemenang yang diumumkan pada Tanggal 27 Oktober 2019. Jonatan Ferdiansah dari MAN Kota Mojokerto keluar sebagai pemenang dan mampu menyisikan peserta lainnya. 

 Penyerahan hadiah pemenang lomba batik gumuk pasir secara langsung diserahkan oleh Gusti Kanjeng Ratu Pembayun (Mangkubumi). Beliau merupakan putri pertama dari Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kegiatan ini dikemas dalam acara yang bertajuk Visa Fest (Visit in Sand Dunes Festival) sekaligus memeringati hari jadi ke-50 tahun Badan Informasi Geospasial dengan retetan acara seperti Vestifal Seni, Parangtritis Run, Lomba Desain Batik Gumuk Pasir dan lain sebagainya. Hasil pemenang karya desain batik gumuk pasir ini akan ikut mengisi koleksi dari museum Parangtritis Geomaritime Science Park dalam bentuk kain asli batik tulis dengan name tag (Jonatan Ferdiansah MAN Kota Mojokerto, Mojokerto) dan menjadi koleksi desain batik Parangtritis Yogyakarta di Keraton Yogyakarta

Kegiatan lomba desain batik ini dipublikasi oleh akun instagram @geomaritimesp pada tanggal 28 Agustus – 30 September 2019 untuk tingkat pelajar dan mahasiswa nasional. Dua pelajar MAN Kota dengan didampingi guru Seni Rupa, Bapak Febriari, S. Pd., berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti lomba desain batik. Sungguh sebuah kebanggaan karena salah satu peserta dari MAN Kota Mojokerto terpilih menjadi pemenang lomba. Hal ini menambah deretan prestasi yang diukir MAN Kota baik dalam tingkat daerah maupun nasional.